Jum. Des 4th, 2020

NegaraSport.com

Berita Olahraga Online Terkini

Sejarah baru MotoGP Belanda Absen

2 min read

Sejarah baru MotoGP Belanda Absen

NegaraSport.com – Jakarta, Sejarah baru MotoGP Belanda Absen. Pandemi virus corona membuat MotoGP Belanda 2020 gagal terlaksana, padahal adu kebut di Sirkuit Assen selalu menjadi bagian dari kejuaraan dunia balap motor sejak musim pertama pada 1949.

Sejarah baru MotoGP Belanda Absen
Sejarah baru MotoGP Belanda Absen

MotoGP Belanda adalah bagian dari sejarah unik penyelenggaraan balap motor MotoGP karena tak pernah absen menjadi tuan rumah selama 71 tahun.

Pihak penyelenggara sebelumnya berencana menggelar acara perayaan karena MotoGP Belanda tahun ini bertepatan dengan 90 tahun balap motor di Belanda.

Kali terakhir balapan di Assen dibatalkan ketika Nazi menginvasi Belanda sekitar 1940-1945.

Kegagalan menggelar balapan MotoGP berarti Sirkuit Assen kehilangan sebagian besar pendapatan. Biasanya hampir separuh pemasukan datang dari ajang MotoGP

Lantaran durasi yang panjang dalam menggelar balapan, Sirkuit Assen tak ubahnya sebagai saksi bisu kemenangan para pebalap-pebalap motor papan atas dari masa ke masa.

Sejarah baru MotoGP Belanda Absen

Dari era Geoff Duke dan John Surtees pada awal ’50-an yang berlanjut ke masa Mike Hailwood dan Giacomo Agostini hingga ke zaman Mick Doohan serta saat kejayaan Valentino Rossi.

Pebalap yang paling sering menang di Assen adalah Angel Nieto. Dari 15 gelar, sembilan di antaranya dibukukan di kelas 125 cc dan enam lainnya di kelas 50cc.

Nieto punya satu gelar lebih banyak ketimbang Agostini, sementara Rossi sudah mengumpulkan 10 trofi di Assen.

Sirkuit Assen yang ada saat ini merupakan hasil modifikasi dari trek asli yang merupakan sirkuit jalan raya dengan panjang 28,57 kilometer. Pada 1955, sirkuit permanen sepanjang 7,7 kilometer menjadi pengganti sirkuit lama.

Panjang sirkuit sempat berubah menjadi 4,75 kilometer pada 2006 dan kembali dipangkas menjadi 4,55 kilometer pada 2010.

Balap MotoGP Belanda pun memiliki ciri tersendiri, yakni dilangsungkan pada Sabtu.

Beberapa MotoGP juga absen

Total sudah empat seri MotoGP 2020 yang dibatalkan. Jerman, Belanda, dan Finlandia menyusul MotoGP Qatar yang lebih dulu dibatalkan imbas virus corona.

MotoGP Spanyol, Prancis, Italia, dan Catalunya sudah diputuskan ditunda. Namun, Dorna belum memiliki jadwal baru untuk keempat seri tersebut. Sementara MotoGP Thailand, Argentina dan Amerika Serikat sudah memiliki jadwal baru.

Dengan MotoGP Jerman, Belanda, dan Finlandia dibatalkan, maka untuk sementara jadwal pembuka MotoGP 2020 akan berlangsung di Sirkuit Brno, Republik Ceko, pada 9 Agustus mendatang.

Tinggalkan Balasan