Sel. Des 1st, 2020

NegaraSport.com

Berita Olahraga Online Terkini

Jerry Sloan sang pelatih legendaris meninggal

2 min read

Jerry Sloan sang pelatih legendaris meninggal

NegaraSport.comJakarta, Jerry Sloan sang pelatih legendaris meninggal. Kabar duka ini sangat memukul hati para penggemar nya. Ucapan belasungkawa pun membanjiri sosial media.

Jerry Sloan sang pelatih legendaris meninggal
Saat jerry muda.

Klub NBA, Utah Jazz, tengah berduka. Jerry Sloan, pelatih legendaris yang pernah menukangi klub tersebut selama 23 musim, tutup usia.

Kabar duka ini disampaikan oleh Jazz lewat pernyataan resminya. Jerry Sloan dikabarkan meninggal dunia karena komplikasi. buah dari penyakit Parkinson dan demensia yang ia derita.

“Jerry Sloan dan Utah Jazz adalah satu. Selamanya, ia akan selalu menjadi bagian dari Utah Jazz. Kami, bersama dengan keluarga, rekan, dan fans, turut berduka cita atas kepergiannya,” ujar pernyataan resmi Jazz, dilansir situs resmi NBA.

Jerry Sloan sang pelatih legendaris meninggal

“Jerry memberikan impak yang besar bagi Jazz. Total 1221 kemenangan yang ia bukukan bersama kami, ditambah dengan 20 kali masuk NBA Playoff sebagai pelatih. Dan dua kali masuk final NBA, akan jadi capaiannya yang luar biasa,” tambahnya.

Semasa jadi pemain, Sloan menghabiskan kariernya di Chicago Bulls. Setelah pensiun sebagai pemain pada 1978–beserta jersinya yang digantungkan di United Center. ia memulai karier kepelatihan dengan menjadi asisten pelatih di Bulls.

Selepas dari Bulls, Sloan mencoba peruntungan sebagai tim pemandu bakat Jazz. Pada 1984, Sloan dipercaya menjadi asisten pelatih Jazz. Memasuki 1988, ia naik pangkat menjadi pelatih kepala. Di sinilah perjalanan panjangnya dengan Jazz dimulai.

Karakter kerasnya menjadikan Jazz tim yang apik di NBA. Selain 1221 kemenangan selama jadi pelatih–ketiga terbanyak sepanjang sejarah NBA–, ia sukses membawa Jazz masuk final NBA sebanyak dua kali, yaitu pada 1997 dan 1998.

Sayang, ketika itu Jazz ditaklukkan oleh Bulls yang diperkuat Michael Jordan. Sloan juga berhasil meraih 50 kemenangan dalam 10 musim yang berbeda. menyamai rekor Rick Adelman, Don Nelson, Pat Riley, Phil Jackson, Gregg Popovich, dan George Karl.

Sloan masuk dalam Naismith Memorial Basketball Hall of Fame

Berkat pengabdiannya bersama Jazz, nama Sloan masuk dalam Naismith Memorial Basketball Hall of Fame pada 2009. Ia memutuskan untuk mundur sebagai pelatih Jazz pada 2011 setelah bersitegang dengan salah satu pemainnya, Deron Williams.

“Pendekatannya yang keras membuatnya jadi sosok yang dicintai. Lalu, seperti halnya (John) Stockton dan (Karl) Malone, Jerry Sloan jadi lambang dari Jazz di NBA. Ia akan selalu dirindukan,” ujar pernyataan resmi Utah Jazz.

Ikuti terus berita NBA terkini hanya di negarasport.com dan jangan lupa bagikan artikel ini.

Tinggalkan Balasan