Sab. Des 5th, 2020

NegaraSport.com

Berita Olahraga Online Terkini

Jadwal penundaan Thomas dan UberCup

2 min read

Jadwal penundaan Thomas dan UberCup

NegaraSport.comJakarta, Jadwal penundaan Thomas dan UberCup. Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) dan otoritas bulu tangkis Denmark menetapkan tanggal baru perhelatan Thomas dan Uber Cup 2020.

Jadwal penundaan Thomas dan UberCup
Jadwal penundaan Thomas dan UberCup

Hajatan akbar turnamen bulu tangkis beregu itu bakal dihelat pada 3-11 Oktober 2020 di Aarhus, Denmark.

Dua turnamen ini sejatinya digelar pada Mei ini. Hanya saja, akibat pandemik virus corona, BWF memutuskan memundurkan Piala Thomas dan Uber selama tiga bulan, tepatnya pada 15-23 Agustus.

Hanya rencana itu kembali gagal usai pemerintah Denmark memperpanjang masa pembatasan sosial berskala besar di wilayahnya sampai akhir Agustus.

“Prioritas kami adalah kesehatan, keselamatan, sampai kesejahteraan atlet, staf, wasit relawan, dan semua insan komunitas bulu tangkis,” kata Sekretaris Jenderal BWF, Thomas Lund dalam laman resminya.

Jadwal penundaan Thomas dan UberCup

Menurut Lund, BWF mendengarkan saran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sehingga pihaknya memprediksi jika waktu yang aman dalam menggelar ajang bergengsi itu pada Oktober nanti.

Walau kalender BWF terganggu, opsi itu merupakan yang terbaik yang dimiliki sampai saat ini.

Keputusan tersebut sangat membuat pihak CEO Badiminton Denmark, Bo Jansen, sangat terpukul. Namun, mau bagaimanapun federasi bulu tangkis Denmark harus mengikuti imbauan otoritas tertinggi di negaranya.

“Bagi kami, menggelar (Thomas dan Uber Cup) ini merupakan prestasi tersendiri lantaran untuk pertama kalinya negara di luar Asia bisa menjadi tuan rumah. Kami tak sabar menatap ke depan menyambut penggemar, pemain, relawan, pejabat dan staf dengan cara yang paling aman,” ujar Jansen.

Tim putra dan putri Indonesia sendiri memastikan diri lolos ke kejuaraan tersebut. Anthony Sinisuka Ginting dan kolega menempati unggulan teratas pada ajang Piala Thomas ini.

Maklum, mereka sebelumnya berhasil menjadi kampiun pada kompetisi Badminton Asia Team Championship (BATC) 2020.

Sementara, tim putri yang dipimpin oleh Greysia Polii dkk harus memulai Uber Cup 2020 di posisi kedua didasarkan peringkat dunia.

Sudah belasan Turnamen tertunda

Mereka bakal bersaing dengan tim-tim unggulan macam Demark di posisi pertama, diikuti Jepang, Korea Selatan, dan Thailand di peringkat dua sampai empat.

BWF sejauh ini sudah menunda 13 turnamen badminton di bulan Mei-Juli termasuk turnamen level elite seperti Indonesia Open 2020.

Hal itu disebabkan karena setiap negara tak diizinkan membuat event olahraga besar karena berisiko terhadap penularan virus corona.

Maka tidak akan ada lagi turnamen yang digelar sampai September. Hal itu membuat turnamen badminton level Super 500 ke atas yang biasanya dimanfaatkan pemain untuk mendulang poin ke Olimpiade 2021 nanti tak ada.

Ikuti terus berita olahraga terbaru hanya di NegaraSport.com dan jangan lupa bagikan artikel ini.

Tinggalkan Balasan